Kamis, 15 Desember 2011

CONTOH DARI EXPERT SYSTEM

Expert System atau Sistem Pakar adalah software ( perangkat lunak ) yang mencoba menyediakan jawaban atas permasalahan atau membenarkan suatu keraguan yang dialami oleh seseorang. Suatu Sistem Pakar biasanya menguasai secara spesifik pada suatu bidang studi tertentu. Sistem Pakar juga merupakan bagian dari Artificial Intelligence ( nanti akan saya bahas lebih jauh ). Ada beberapa cara untuk mensimulasikan Sistem Pakar ini, antara lain adalah dengan cara :
1. Membuat suatu Knowledge Base ( Database Pengetahuan ) sehingga nantinya Sistem Pakar dapat seolah – olah berfikir ( Reasoning / Think ) mengenai masalah yang sedang ia hadapi.
2. Mengajari komputer pengetahuan – pengetahuan umum seputar bidang studi tertentu. Sehingga nantinya hasil pemikiran Sistem Pakar ini mempunyai dasar yang tepat dan akurat.
Berikut adalah contoh dari penggunaanexpert system :

· Industri makanan menggunakan expert system untuk menyimpan keahlian dari seorang ahli yang sudah mendekati masa pension.
· Pada tahap penganalisa data pada suatu perusahaan juga dibutuhkan sumber data yang kemudian nantinya diolah dan disimpan pada suatu system computer baik berupa jaringan.

Senin, 12 Desember 2011

TUGAS TULISAN

8.PENGANTAR SIM
1. Konsep Dasar
Konsep Dasar Sistem Konsep dasar sistem ada dua pendekatan yaitu
penekanan pada prosedurnya dan penekanan pada komponennya.
- Definisi sistem yang lebih menekankan pada prosedur adalah :
suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
- Suatu prosedur adalah : suatu urut-urutan operasi klerikal (tulis-menulis), biasanya melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.
- Definisi lain dari prosedur adalah : urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, kapan dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya
- Definisi sistem yg lebih menekankan pada konponen/elemen adalah : kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
- Karakteristik sistem yaitu : mempunyai komponen, batas sistem, lingkungan luar sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolah/proses, dan sasaran atau tujuan.
2.Klasifikasi sistem
1. Sistem sebagai sitem alamiah dan sistem buatan manusia.
2. Sistem sebagai sistem abstrak dan sistem fisik.
3. Sistem sebagai sistem tertentu (deterministic) dan sistem tak tentu (probabilistic)
4. Sistem sebagai sitem tertutup dan sistem terbuka.
3.Teknologi Sistem
Blok teknologi merupakan kotak alat (tool-box) dalam sistem informasi.
-Teknologi terdiri dari 3 bagian utama yaitu teknisi (brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
-Teknisi dapat berupa orang-orang yang mengetahui teknologi dan membuatnya beroperasi (operator komputer, pemrogram, operator pengolah data, spesialis telekomunikasi, analis sistem).
-Teknologi perangkat lunak berupa aplikasi-aplikasi perangkat lunak (program).
-Teknologi perangkat keras berupa teknologi masukan (semua perangkat yang digunakan untuk menangkap data seperti : keyboard, scanner, barcode), teknologi keluaran (perangkat yang dapat menyajikan informasi yang dihasilkan seperti : monitor, printer), teknologi pemroses (komponen CPU), teknologi penyimpanan (semua peralatan yang digunakan untuk menyimpan data seperti : magnetik tape, magnetik disk, CD) dan teknologi telekomunikasi (teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh seperti internet dan ATM)
- Blok basis data merupakan kumpulan dari file data yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar dapat diakses dengan mudah dan cepat.
- Blok kendali Pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk menyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung diatasi. 1.5. Jenis-jenis Sistem Informasi Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan bisnis. Sistem informasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian (gambar 1) : 1. Transaction Processing Systems (TPS) TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakan oleh manajer.

6.KOMPUTER SEBAGAI ALAT PEMECAHAN MASALAH
1.Pemrosesan Komputer
DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Komputer sebagai Elemen dalam Sistem Informasi
♦ Super Computer terutama digunakan untuk
perhitungan ilmiah
♦ Mainframe sebagai tulang punggung pengolahan di
organisasi besar
♦ Mini Computer dalam banyak hal melampaui kinerja
unit yang lebih besar
♦ Micro Computer sebagian besar sirkuit utamanya
berbentuk silicon IC chip yg disebut Microprocessor
♦ PC adalah micro computer yang yang digunakan oleh
satu orang atau mungkin beberapa orang
♦ Small Business computer adalah komputer mini/micro
multiuser
♦ Laptop beratnya sekitar 4 kg
♦ Notebook beratnya sekitar 2 – 3 kg
♦ Palmtop beratnya sekitar 1.5 kg
♦ Pen Computer berkemampuan menerima input yang
ditulis pada layarnya dengan pena khusus
ARSITEKTUR KOMPUTER
Data Input
♦ Komputer pertama menggunakan magnetic drum dan
magnetic core untuk penyimpanan primer
♦ Sejak tahun 1964 penyimpanan yang terbuat dari IC
mulai menggantikan drum dan core
♦ Penyimpanan primer ada dalam berbagai bentuk yang
memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi
dan kecepatan yaitu RAM, ROM dan Cache Memory
RAM (Random Access Memory)
♦ IC yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan
primer yg digunakan utk menyimpan software & data
♦ RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis
♦ Mempunyai sifat mudah hilang (volatile) karena isinya
hilang saat daya listrik dimatikan
Data
Input
CPU
Informasi
Output
Unit
Pengendali
Unit
Penyimpanan
Primer
Arithmatic and
Logic Unit
Unit
Penyimpanan
Skunder
ROM (Read Only Memory)
♦ Jenis khusus penyimpanan primer dapat dibaca tapi
tidak dapat ditulis
♦ Untuk menyimpan material seperti instruksi-instruksi
yang memberitahukan komputer apa yang harus
dilakukannya saat dinyalakan
♦ Bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) yaitu isinya
tidak terhapus saat daya listrik sistem dimatikan
Cache Memory
♦ RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal
yang ditempatkan di antara RAM biasa dan processor
♦ Isi cache memory diperiksa oleh processor sebelum
mencari instruksi program/data di RAM biasa
♦ Jika Cache Memory mempunyai isi yang diperlukan,
pengambilan dapat dilakukan lebih cepat daripada jika
RAM biasa dilibatkan.
2.Arsitektur Komputer
arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori: Set instruksi (ISA)Arsitektur mikro dari ISA, dan Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.Mengetahui arsitektur dasar dari semua sistem komputer.Memahami peranan pentimpanan primer dalam penggunaan komputer dan memahami peran alat input dan output dalam pemecahan masalah Memahami kemampuan software dan aplikasi dalam pemecahan masalah Mengerti isi dari manajemen data, bagaimana data diorganisasikan, disimpan, diakses dan digunakan Mengenal konsep database berkembang dan pengaruhnya terhadap pemrosesan komputer Mengetahui apa itu sistem manajemen database Memahami bagaimana model komunikasi dasar yang menjelaskan komunikasi manusia juga dapat diterapkan pada komunikasi data yang menggunakan peralatan komputer.
3.Komunikasi Data
komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
Melalui Infrastruktur Terestrial
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

9.PENGENALAN DATABASE
• Database, adalah Gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau relasi antara kedua data tersebut serta dapat dipakai secara bersama oleh beberapa pengguna aplikasi
• Database, adalah Gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau relasi antara kedua data tersebut serta dapat dipakai secara bersama oleh beberapa pengguna aplikasi
• Ada 2 cara yang dilakukan dalam menggunakan Dbase, yaitu :
• Modus Langsung : dilakukan dengan mengetikkan perintah langsung setelah munculnya dot prompt
• Modus Program : dilakukan dengan menuliskan rangkaian perintah dalam program
• Membuat File Database
Perintah yang digunakan adalah :
. CREATE
CREATE digunakan untuk mendefinisikan struktur database yang baru. Aturan dalam pemberian nama file :
1. Tidak boleh lebih dari 8 karakter
2. Tidak boleh ada spasi
3. Tidak boleh dimulai dengan angka
Yang berperan sebagai kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.Istilah “informasi dan data” seringkali digunakan dan dapat ditukar, bagaimana informasi didefinisikan secara umum sebagai data yang berarti atau berguna untuk pemakai oleh karena itu data item adalah bahan dasar untuk menghasilkan informasi.Database berisi semua data yang digunakan untuk aplikasi software.sekumpulan penyimpanan data sering dihubungkan sebagai suatu file.bentuk fisik dari penyimpanan data ditunjukan oleh media penyimpanan fisik(Pita komputer,disk,diskette,dll) yang berguna untuk secondary storage.

1.SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produk barang maupun jasa yang dimilikinya kepada konsumen diberbagai belahan dunia, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikan petunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komponen dalam perusahaan tersebut. Sistem informasi yang tepat, tentunya akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan keputusan strategis perusahaan untuk dapat semakin maju dan bersaing di lingkungan yang penuh gejolak ini.

Penerapan Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer misalnya, merupakan salah satu alternatif jawaban yang tepat jika pihak manajemen menginginkan suatu sumber informasi yang dapat menghasilkan masukan sesuai yang diinginkannya.

2.DAUR HIDUP SISTEM
Di dalam system informasi sering terjadi kegagalan besar. Ini disebabkan tidak adanya atau buruknya teknik pengembangan system. Karena kegagalan tersebut kesadaran akan pentingnya pengembangan system mulai dikembangkan dengan menerapkan system life cycle atau biasa disebut daur hidup system informasi.

Istilah daur hidup (life cycle) tersebut digunakan untuk menjelaskan tahap-tahap dan langkah-langkah pengembangannya. Daur hidup system informasi terletak pada system informasi tersebut. Maka hendaklah kita sebagai pembuat system memahami daur tersebut. Daur hidup system informasi sering dikaitkan dengan system engineering, maka disini penulis akan sedikit menerangkan kedua system tersebut.

Siklus Engineering sama/serupa dengan SIklus Sistem Informasi
Meliputi 5 tahapan penting yakni :

1. Perencanaan (planning)
2. Analisis (analysys)
3. Desain (design)
4. Pelaksanaan atau konstruksi (implementation/construction)
5. Perawatan (maintenance)
Perencanaan dimaksudkan kita sebagai peracang system mampu mengumpulkan informasi tentang permasalahn atau kejadian yang ingin dikaitkan dengan system tersebut, serta mulai menetukan kriteria dan pembatasan pemeceahan masalah tersebut yang kemudian memberikan alternatif/solusi jalan keluarnya. Kemudian analisis digunakan sebagai pusat proses pengembangan system, umumnya tahap analisis dilakkan oleh tenaga ahli yang tealah berpengalaman. Selanjutnya ke tahap desain yakni mulai merancang dari apa yang telah disusun saat perancangan dan setelah peng-analisisan oleh tenaga ahli berupa suatu sitem yang umumnya baru dan kemudian baru dilakukan implementasi atau pelaksanaan dari system tersebut. Apakah dari system tersebut telah baik, atau ada kekurangan akan diketahui apabila system tersebut telah digunakan dan menghasilkan informasi bagi penggunanya. Dan tahapan terakhir adalah proses perawatan, yakni setelah ditemukan system yang terbaik yang minin dari kesalahan maka kita sebagai si pembuat system mampu men-create atau merawat system tersebut agar tidak terjadi kekeliruan dalam penggunaan system tersebut.
Disaat sekarang ini siklus hidup system informasi mulai dikembangkan lagi dengan metode terstruktur yang artinya memberikan beberapa peralatan dan metodologi kepada analisis system disamping daur hidup (life cycle) yang telah diterangkan diatas, itu semua untuk perbaikan kearah system informasi yang lebih baik.

4.INFORMATION RESOURCE MANAGEMENT
The underlying philosophy behind Information Resource Management (IRM) is to design, inventory and control all of the resources required to produce information. When standardized and controlled, these resources can be shared and re-used throughout the corporation, not just by a single user or application.

There are three classes of information resources:
BUSINESS RESOURCES - Enterprises, Business Functions, Positions (Jobs), Human/Machine Resources, Skills, Business Objectives, Projects, and Information Requirements.
SYSTEM RESOURCES - Systems, Sub-Systems (business processes), Administrative Procedures (manual procedures and office automation related), Computer Procedures, Programs, Operational Steps, Modules, and Subroutines.
DATA RESOURCES - Data Elements, Storage Records, Files (computer and manual), Views, Objects, Inputs, Outputs, Panels, Maps, Call Parameters, and Data Bases.
These three classes of information resources provides the rationale as to why there are three complementary methodologies within "PRIDE".
ENTERPRISE ENGINEERING METHODOLOGY (EEM) - for defining the mission and goals of the business and the development of an Enterprise Information Strategy synchronized with the business.

INFORMATION SYSTEMS ENGINEERING METHODOLOGY (ISEM) - for designing and building enterprise-wide information systems (business processes crossing organizational boundaries). Software Engineering is considered a subset of ISEM.

DATA BASE ENGINEERING METHODOLOGY (DBEM) - to design and develop the corporate data base, both logically and physically.

Each methodology consists of a series of defined phases, activities and operations. Laced throughout the methodologies are defined deliverables and review points to substantiate completeness and to provide an effective dialog between management and developers. The methodologies promote design correctness and the production of a quality product.

IRM/MRP ANALOGY

The concept of Information Resource Management is actually no different in intent than "Materials Resource Planning" (MRP) as used in manufacturing. Both are concerned with the efficient and cost effective use of resources. The classification and control of resources are the main objectives. Resources are classified to prove their uniqueness so that redundancy is not introduced and to promote sharing. Control is required to collect, inventory and retrieve resources as required by the business.

Whereas MRP is concerned with managing products and the parts required to produce them, IRM is concerned with managing information and the resources required to produce it.

One of the important by-products of cataloging and cross-referencing information resources is a model of the enterprise, including how it is organized and how it operates. Other benefits include:

All information resources are controllable, permitting the ability to design integrated systems and perform an "impact analysis" of a proposed resource change.

Simplified search of information resources for reuse. Redundancy of resource definition is eliminated.

Complete and current documentation of all information resources, in an organized and meaningful way.

Communications within the organization is improved since developers and users would use standard and common definitions for information resources, all of which would be in standard business terminology.