Selasa, 19 Februari 2013

Keputusan Terhadap Intern dan Ekstern

Pengaruh keputusan Intern dan Ekstern Pengaruh faktor ekstern dan intern konsumen terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung (Studi pada PT. Graha Service Indonesia) / Handito Canggih Prabowo DDC Rs 658.8343 PRA p Author Prabowo, Handito Canggih Year Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen, 2008 Language ind Abstract Perilaku konsumen sangatlah komplek dan dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor ekstern dan faktor intern. Faktor ekstern meliputi budaya, sosial, dan kelompok referensi. Sedangkan faktor intern meliputi individual/pribadi dan psikologis. Perkembangan jaringan atau perusahaan dipengaruhi oleh pemahaman perusahaan tentang perilaku konsumen. Semakin perusahaan memahami perilaku konsumen maka semakin tepat strategi yang digunakan untuk menarik konsumen. Tidak terkecuali hal ini juga berlaku bagi perusahaan Samsung. Semakin banyak paham tentang perilaku konsumen maka semakin banyak pula konsumen pengguna produk Samsung, khususnya produk pengguna handphone Samsung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Pengaruh faktor ekstern perilaku konsumen secara parsial terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung, (2) Pengaruh faktor intern perilaku konsumen secara parsial terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung (3) Pengaruh faktor ekstern dan intern perilaku konsumen secara simultan terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna handphone Samsung pada bulan maret yang ada di PT. Graha Service Indonesia cabang Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Jumlah sampel yaitu sebesar 81 orang. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara faktor ekstern perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3, 520 > 1,66 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t = 0,000 ≤ 0,05. Faktor intern perilaku konsumen ternyata juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5, 015 > 1, 66 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t = 0,000 ≤ 0,05. Secara simultan dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara faktor ekstern dan intern perilaku konsuman terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 23, 892 > 3,11 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang berarti ≤ 0,05. Diketahui pula bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0, 364. Berdasarkan temuan di atas, saran yang dapat diberikan peneliti bagi pihak PT. Graha Service Indonesia cabang Malang adalah di sarankan agar produsen dari ponsel Samsung untuk dapat terus memperhatikan variabel atau hal-hal yang dipertimbangkan oleh konsumen dari PT. Graha Service Indonesia (yang dimana perusahaan tersebut merupakan anak cabang perusahaan dari Samsung sendiri) khususnya pengguna handphone Samsung dalam membeli ponsel Samsung tersebut agar kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan Samsung dapat mengikuti kebutuhan konsumen diantaranya produsen harus memperhatikan sistematis kinerja dari ponsel Samsung tersebut karena konsumen akan merasa puas dengan pelayanan dan kinerja yang memuaskan.Sedangkan bagi peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan agar penelitian-penelitian berikutnya dapat menggali variabel-variabel baru selain faktor ekstern dan faktor intern perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk handphone Samsung. Misalnya variabel promosi dan beberapa variabel lainnya yang dapat dijadikan temuan baru dalam penelitian-penelitian selanjutnya. Daftar pustaka: -google.com -karya ilmiah Universitas Negeri Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar