Jumat, 14 Oktober 2011

KISAH CINTA RATIH

DEAR DIARY
Memoriam in 2008


Dalam tulisan ini aku menceritakan dengan sebenarnya dan tidak ada rekayasa atau karangan semata, karena cerita ini adalah kisah nyata yang aku alami sendiri & benar-benar terjadi dalam kehidupanku. Aku menceritakan kejadian ini dengan jujur tanpa ada rekayasa sedikit pun, karena untuk mencurahkan semua isi hatiku & prasaan yang selama ini aku pendam yang tidak bisa lagi aku simpan. Bagi para pembaca bila ada kata-kata yang salah mohon maaf sebesar-besarnya, karena aku benar-benar merindukanmu REZIE, rezie adalah seorang pria yang aku cintai sampai kapanpun & sampai saat ini ngga tahu ntah kenapa sampai saat ini juga prasaanku tetap sama & ngga bakal berubah walaupun ada pria yang hadir & singgah di hatiku tapi takkan mampu menggantikan posisi REZIE, karena aku sangat menyayangi dia selamanya sampai kapan pun. Okey lah kalau begitu sekarang aku mulai memperjelas kisah cinta ini dalam hidupku yang telah berlalu namun sampai saat ini sangat tersusun rapi & tersimpan di relung hatiku yang terdalam. Sebagai kenangan CINTA tulus nan suci.
“Sekitar jum’at malam sabtu tanggal 13 september 2008 yang lalu selesai shalat tarawih hujan pun turun hanya rintik-rintik seolah-olah menjadi pertanda, akhirnya walaupun hujannya awet aku tetep bela-belain pulang aja dech gumamku pada malam itu, malah sendirian lagi soalnya kak DINA tetanggaku udah balik duluan sebelum do’a imam selesai mungkin dia tahu kalau nanti bakal hujan, akhirnya aku balik sendirian yach mau ngga mau ya terpaksa dech. kemudian tiba-tiba saja ada dua orang cowok yang ngga asing lagi manggil-manggil namaku aku kirain ada apa….. ekh malah kamdi & ( ) ya udah dech aku pun berhenti sebentar sambil jalan dengan langkah kecil, mereka malah minta kenal pada hal kan udah kenal akh sial alesan doank ni bocah biar bisa ngobrol ama gua hahaha tapi gpp kok ratih seneng ciee,,,,, atau jangan-jangan kamdi ke GR-an lagi soalnya ratih kan sering nitip salam sama dia melalui ARI, anak kedua dari tante aku mungkin aja kali yach???,Tapi ya udah lah pain dipikirin toh itu kan udah lewat hehehe. walaupun ari masih SD tapi dia sangat pintar & cerdas aku salut banget sama dia walaupun terkadang sering ngebete’in. Trus mereka berdua aku katain narsis banget pada hal narsis itu kan sejenis lebay gitu,kamdi nanya padaku narsis itu apa’an sih ??? jiah dalam hati aku geli & tertawa dasar cowok2 kece sok polos aku jawab aja ada dech…….!!!!!! Hehehehehe
Lalu mereka pun mau nganterin pulang sekalian ngobrol walaupun rumah ku & mesjidnya lumayan, ya udah aku sih it’s okay ngga ada masalah malah pas banget ada yang nemenin, di tengah perjalanan sambil ngobrol mereka nawarin aku untuk liburan ke DANAU TOBA kapan & biayanya berapa mereka bilang ke aku dengan penuh harapan aku bakal ikut & harus, tapi pada saat itu sich aku masih belum bilang iya soalnya ngga yakin sich diizini apa ngga nya ama bokap tapi aku bilang ntar aja dulu dech ke mereka berdua, ya mereka juga bujuk aku Cuma kali-kali doank lagian kan biar mengenal satu dengan yang lain. Kayaknya boleh juga tuch gumamku dalam hati ‘’.
Begitulah seterusnya akhirnya ratih makin rajin aja tarawih walaupun di mesjid AL-IKHSAN raka’atnya 23 karena di mesjid AL-IKHSAN kan emang tiap tahun raka’at shalatnya 23 jadi kaga kaget dach ratih dan agak gemporlah tapi hanya setahun sekali tak apalah toh buat bekal juga di akhirat yang bakal aku nikmati juga nantinya. Waktu pun bergulir hari demi hari aku makin deket aja ama mereka apalagi sang ketua remaja bang andi seneng dech dia orangnya baik asik trus perhatian lagi ama ratih seneng dech. Bang Andi juga sering sms ratih walaupun lebay tapi ratih seneng & bukan berarti demen pi ngga tahu dech dia ke akunya, aku sih orangnya slaw….!!!!!!! Siapa aja kalau dia baik aku juga kaga pilih-pilih temen tuh yang penting baik, asik, & jujur itu udah cukup kok buat aku. Hingga tibalah saat yang dinantikan oleh semua orang di seluruh penjuru dunia bagi umat islam & sangat ditunggu-tunggu, Setelah puasa di bulan suci Ramadhan kinilah saatnya merayakan hari kemenangan. Di hari raya Idul Fitri nan suci ini banyak berbagai kalangan orang awam serta beragam budaya & adat istiadat bagi siapa saja pasti merayakannya dengan kerabat serta sanak saudaranya bahkan ada yang PULKAM (mudik),ada juga yang membagikan THR atau ampau pada anak2 bocah seperti tradisi mamah &ayah serta tante2 aku yang lainnya, & moment yang paling penting setelah selesai shalat id yang harus dilaksanakan yaitu sungkeman pada ibu & ayah yang tercinta, kakek nenek, bahkan sanak saudara itu sudah menjadi tradisi keluarga kami tiap tahunnya dengan prasaan suka cita & bahagia sugguh meriahnya kota MEDAN tempat di mana aku dibesarkan pada saat itu. Begitu juga dengan diriku sebulan penuh puasa membawa hikmah & berkah yang begitu besar bagiku & juga kisah cintaku pada seseorang pria aku mengenalnya sudah lama tapi aku hanya biasa aja tuh, soalnya aku kurang ker (akrab) dengan ini cowok. Hingga pada Rabu malam bertepatan tanggal 1 oktober 2008 silam, yah bisa dibilang biasalah anak remaja silaturahmi apalagi aku kan udah termasuk anggota remaja mesjid gitu jadi banyak temen2 yang hadir pada saat itu, aku juga kaget & tidak sangka hampir seluruh anggota beserta staf2 remaja mesjid AL-IKHSAN hadir di rumah. Buset dach Pokoknya aku ampek repot banget dech sambil menyuguhkan makanan kecil & minuman ngga apalah toh hanya setahun sekali ngga setiap hari juga, setiap hari juga kaga apa-apa heheheheh…… malah anak2 cowok semua yang hadir. Pokoknya seneng banget takkan aku lupain seumur hidupku. setelah semua pada asik bercanda tawa serta gurau aku bangga & bahagia walaupun kamdi cowok yang katanya lagi mau PDKT ma aku diam tanpa kata grogi ntah malu tahu deh kenapa!!!!! Aku tak tahu kalau disitu ada “REZIE” Saat pertama melihatnya aku tak ada prasaan apapun padanya malah biasa aja dia ngomong apa RATIH Cuma bisa ngomong iya & OK!!!, pokoknya kata sepupu gua berisik banget suara temen2 ratih satu RT/RW satu PS Ladang Bambu ratih borong kata mereka, ckckckckckckck…. Seru banget dech pokoknya.
Sambil becanda candaan & ngobrol hal2 yang kocak abis tak terasa akhirnya sekitar pukul 22.15 anak2 kayaknya udah pada mau cabut katanya sih mau silaturahmi lagi ketempat temen mereka yang lain. Yach setelah pamitan dan akhirnya semua pada balik masing-masing, dan tinggal bang Andi dan temennya yang katanya masih mau ngobrol ama ratih sekalian mau nagih biaya rekreasinya. bang ANDI pun menyarankan mati-matian agar ratih ikut mereka holiday ke DANAU TOBA yang telah disepakati bersama. Bukan masalah biaya sih tapi aku takut ayah kaga nagsih izin aku untuk ikut dengan mereka. Yach!!! Tw sendiri kn bokap aku itu tu agak galak tapi baik hati, hehehe………..walaupun aku suka membantah tapi aku sangat sayang banget sama ayahku itu, dia ayah yang terbaik bagiku & aku sangat bangga memiliki seorang ayah yang sangat menyayangiku & mendidik serta membesarkan aku sampai sekarang ini semua berkat ayah tercinta. Yach begitulah aku tak tahu di balik itu semua bakal terjadi kisah yang mengejutkan diriku yang membuat hatiku galau & kalut,& akhirnya ayah pun ngizinin RATIH untuk ikut juga yeeeeeee…. Walaupun ada ceramah-ceramah dikit aku harus dengerin ayah karena ayah kaga mau aku tuh kenapa-napa di sana, itu karena ayah peduli & saking perhatiannya dengan anak perempuan satu-satunya & juga kesayangannya. Seneng dech. Sekitar pukul 20.43 WIB aku lagi sibuk-sibuknya packing barang buat di bawa tiba-tiba aja ARI anak tante aku manggil-manggil dari luar & bilang kalau ada temen aku yang datang, siapa sih ganggu aja!!!! kataku….” Trus aku langsung keluar & agak penasaran aja kirain bang Andi atau siapa eh…. Ternyata WANDI & Bang SIGIT saudara & temen mantan aku. Mau silaturahmi juga sih, ya udah dech aku suruh masuk aja tapi mereka bilang diluar aja!! Ya aku pun terserah dech. Walaupun agak repot masih mau beres-beres ya terpaksa aku pun ngobrol sebentar & hargai mereka juga karena tamu adalah raja Sambil aku suguhin makanan & minuman. Aku juga nanya kenapa sang mantan kaga diajak juga maen kesini, trus mereka bilang tadi mendadak sih trus AGUS nya juga lagi dirumah saudaranya juga pada hal kan udah lebaran ke 3 kok kaga dateng sih sombong amat aku bilang ke mereka sambil senyum manyun trus mereka juga nanya kaga kemana-mana nich??? Yach aku jawab ntar jam sebelasan ratih mau dijemput dan berangkat kre DANAU TOBA asiik…. Trus mereka agak ngga enak gitu dech trus aku bilang gpp kale…. masih lama jam 11 kan aku dijemput, lagian ini kan masih jam 10 nyantai aja kataku….’’. lalu sepuluh menit kemudian mereka pamit untuk pulang ya uadah aku basa basi kok cepet banget sih kan masih asik ngobrol trus mereka bilang aku kan ntar mau berangkat !!!! ya udah dech kalau mereka mau cabut aku juga kaga maksa, lagian ratih kan juga mau mandi & beresin barang bawaan ntar. Dan pada tanggal 3 Oktober 2008 malam aku minta dijemput & harus dipamitin oleh tante aku. Sebelum dijemput oleh AZIS pukul 23.00 WIB malam aku bela2 in dulu untuk mandi terlebih dahulu sebelum berangkat walaupun dingin aku paksain aja takut ntar bau badan and lengket gitu hahahahaha kan kaga enak deket2 ama anak-anak ntar kalau kaga mandi haahhahaa…….
Sesampainya dimesjid keliatannya udah pada rame2 tapi bus nya belum datang trus aku juga ditemenin sama sohibku sii bedul ebel hehehe….
Ngga lama kemudian kamdi dateng wah gayanya keren abis dach agak style2 gimana gitu, aku ngobrol dikit basa basi apa gitu, ech… busnya telah tiba, apaan nich ngga salah apa???soal bis sich kaga masalah buat aku. Tapi yang ngga enak banget tuch kok bis TK SD BABAR SARI sih akh sial!!!!!! Bukan masalah sich ama busnya pi malunya naek bus anak TK SD BABAR SARI,SUMPAH…..!!!!!! untung malem coba siang wah ogah banget gua walaupun udah bayar bodo amat gua batalin juga. Males banget di mana di taruh muka nieh akh ellah agak kesel juga sich dalam hati. Tapi ya udah lah udah terlanjur juga mau ngga mau gua harus ikut, pantesan bayar buat perginya itu murah banget akh bener-bener sial !!!!!!!!!. pukul 12.00 busnya mulai berangkat & sebelum anak-anak berangkat mereka pada sibuk sich beli cemilan & chiki buat makanan di sana ntar. Ditengah perjalanan benar2 menyenangkan kami bersuka cita & ketawa ketiwi sambil nayanyi2 walaupun lagunya kaga jelas kami nikmati aja…. pokoknya seru banget dech kaga kebayang lagi moment ini pun kaga bakal aku lupain sampe aku mati. Pukul 04.47 akhirnya sampai juga di tempat tujuan dengan selamat Sesampainya di DANAU TOBA ternyata kepagian masih shubuh banget padahal kan pengen liat matahari terbit, kayaknya kaga jadi dech soalnya harinya mendung banget. Setelah pagi yach dikitlah narsis-narsisan gitu sebelum naik perahu penyeberangan waw bener2 aneh tapi nyata ciptaan ALLAH Yang Maha Kuasa danau yang terbentang luas yang seolah2 ratih berada di tengah lautan benar2 takjub melihatnya SUBHANALLAH Maha Besar Allah menciptakan langit & bumi ckckckckck !!!!!!!!!!
Trus supir perahunya menepi atau berhenti sebentar 10 menitan lah itu pun ngga menepi banget soalnya kan Cuma pengen liatin para penumpangnya sebuah BATU GANTUNG yang konon katanya batu gantung tersebut memiliki kisah atau cerita menurut penduduk setempat, yach terserah sih percaya atau ngganya lagian itu kan hanya mitos & cerita rakyat doank, kalau dipikir secara akal sehat itu bisa di bilang proses alam yang membentuk seperti batu gantung & mungkin kejadiannya pas banget di tempat itu,kemudian seorang gadis yang katanya bunuh diri bersama anjingnya di jurang tersebut, makanya masyarakat setempat mempercayainya & mengenang wanita itu dengan adanya batu gantung tsb. Kalau aku pribadi sih tidak PERCAYA 100% dan mana ada manusia bisa jadi batu itu hanya mitos & minimnya pemikiran masyarakat pada masa itu saja, tapi terserah dech bagi para pembaca percaya atau tidak silahkan datang & berliburlah ke DANAU TOBA yang panoramanya begitu indah & sejuk danau terluas di ASIA saying banget kalau tidak di nikmati. Ditengah perjalanan keliatan dari jauh air terjun sipiso piso trus rezie bertanya padaku dia bilang itu air terjun apa’an sich aku sotoy & bilang kalau itu air terjun sigura-gura hahaha dia malah bilang kog tahu trus aku ngeles aja kan liat di internet dasar cowok bego mau aja di bo’ongi hehehehe pi gua becanda lho …. Maafin ratih ya rezie. Walau pun aku baru pertama kalinya rekreasi ke danau toba itu, bukan berarti itu menjadi yang terakhir. Karena aku telah berjanji dengan diriku suatu hari nanti bila aku pulang kampung ke MEDAN aku akan berlibur ke DANAU TOBA lagi, karena selain keindahannya di danau tsb menyimpan sejuta kisah & kenangan yang terindah yang ngga bakal aku lupain sampai kapan pun.
Trus anak2 kayaknya mau naik perahu ke pulau samosir wah kayaknya seru tuh, trus setelah naik perahu aku pas banget duduk berdekatan ama rezie seneng dech disitu sich aku belum ada prasaan apa2 dengan dia aku hanya nganggep temen sama kaya yang lainnya. Kayaknya tiket ratih juga dibayarin tuch sama kamdi asiikk….tapi sumpah setelah gua deket ama kamdi gua kaga ada prasaan apa2 tuh ama dia tahu dech kenapa. Lama2 kalau diliat2 rezie maniz juga sich gumam ratih pada saat di perahu, wah….wah!!!!! gubrag dech. Sesampainya di tepi pulau samosir asik banget dech aku seneng banget liat sigale-gale trus foto2 & narsis2an gitu, pokoknya seru abis dech kaga kebayang & ngga tergantikan dengan moment apa pun yang pernah aku alami dalam hidupku. Trus kami jalan-jalan kesebuah rumah tua tapi dijadiin museum gitu oleh warga setempat, trus yang anehnya udah tahu dijadiin peninggalan masih juga ditinggali bener-bener aneh dech sbb banget. Trus kami jalan kesana kemari sambil nyari souvenir-sauvenir gitu khas danau toba aku seneng banget apa lagi ada aa’ rezie upzz… malah itu bocah yang di foto yang aneh2 lucu banget tongkat lampirlah makam tua lah cape dech pokoknya ada-ada aja tuh bocah tapi aku tetep like’d ama rezie hehehehe…….
Di sela2 perjalanan kami aku liat ada sebuah makam yang di jaga trus kayaknya istimewa banget itu makam, aku & mizni kan pengen masuk nich ekh malah penjaganya bilang punya kain ulos ngga???? Kalau ngga punya bisa di beli di tempat penjualan kain ulos kata penjaganya. Diih parah banget mau liat makam aja mesti pake kain ulos segala, kain ulos itu kain adat masyarakat BATAK. Ogah dech gua pengen liat makam aja harus beli ulos sialan akhirnya anak2 juga beranjak pergi jalan lagi dech hahahahaha…… Trus akhirnya semua pada mencar kaga tahu tuh pada kemana, Ratih Cuma beli baju baju tidur santai abisnya bingung sich mau beli apa’an soalnya souvenirnya ngga ada yang menarik??? Sambil ditemenin kamdi males banget sich sebenarnya, btw…. rezie mana ya??? Itu bocah dari tadi aku cari2 kaga keliatan tuh tau dech kemana sii rezie ebel. Setelah anak2 udah stand buy & selesai trus juga udah pada capek akhirnya sang ketua mengumpulkan semua anak2 biar naik perahu lagi ke seberang buat makan siang asiik……. Trus anak2 udah pada capek ech malah ratih sempet2nya berfose & narsis gitu akh sial malah di ledekin lagi sama siapa gitu aku lupa soalnya kisah ini udah 3 tahun yang lalu waktu aku masih di MEDAN dan masih SMA. Maklumlah udah 2 tahun aku ngga pulang ke medan jadi kangen nich ama mereka semua bukan berarti lupa ama nama2 nya Cuma emang kaga inget. Setelah itu di tengah perjalanan di dalam perahu hari nya amat panas dan gerah banget liat danau karena sinar matahari berada di atas kepala dan semua sibuk dengan dirinya sendiri bahkan ada yang merokoklah gosiplah, begitu juga ama diri aku, aku ngerasa ngantuk banget trus aku senderan aja di bahunya AZIS lagian ngantuk sih, ampek udah mau ke tepi aku di bangunin ama AZIS kalau udah mau sampek. Btw ….. kok handuk gua ama handuk rezie sama ya….. hampir aja ketukar aku jadi rempong hahahaha, jangan-jangan jodoh lagi pikirku pada waktu itu yang ngga tahu kok tiba-tiba saja aku jadi salting kalau liat rezie. Mungkinkah ini yang dinamakan dengan CINTA, trus di tepi danau anak2 katanya pada ingin mandi wah… kalau itu mah aku kaga ikut2 tan dech soalnya rambut aku takut rusak kan baru di smoothing kena panas aja kering banget apalagi mandi di danau yang kaya gitu lagian aku juga kaga bawa vitamin ama shampo khusus buat rambut aku. Anak-anak kayanya beneran mandi tuh, pa lagi bang () sii IIS Lebay juga nawarin yar aku mandi, tapi aku bilang maaf dech….. ya aku hanya bisa liatin anak-anak mandi yang kayanya seru bgt deh!!!!! Yang buat RATIH jd pengen!!!!! Akh SHIT……….???? Tapi ya udahlah aku juga pikirin rambut aku juga. ‘’borring juga sih nungguin anak-anak pada mandi & seru-seruan di danau mending aku ke bis akh & jalan2 mondar mandir sibuk sendiri, soalnya ngantuk liatin mereka pada mandi.’’ Trus aku ke bis aja tidur lagian ngantuk bgt, ngga lama tidur tiba-tiba aja phone RATIH berdering. Trus ratih angkat ternyata AGUS sang mantan telpon!! Asiik…. Pas banget emang ratih lagi bete’ banget trus ngga mood, pelek banget dach bete’nya langsung ilang ketika AGUS nelpon, yang katanya dia ke GUNDALING ama keluarganya juga. ‘sambil nanya2 aku juga asik liburan ke DANAU TOBA’ kata agus aku tau sih sebenarnya agus kangen ama aku jadi ngomongnya sok mesra gitu dech lebay banget itu orang hahahaha . Pas asik ngobrol miznie malah godain aq dy bilang aq bo’ong lah, gombal lah hehehe pi terserah yang penting ngobrol ama AGUS. Tapi aku nyesel banget kenapa ngga rezie yang duluan aku kenal padahal dulu adik aku ari pernah bilang kalau bang rezie itu lebih cakep & asik dibanding sii kamdi bahkan rezie pernah sempat kirim salam ke aku tapi aku tak pernah mnggubris & menghiraukannya. Aku malah selalu nitip salam sama kamdi, ternyata nilai seseorang itu jangan hanya dilihat dari fisiknya tapi lihatlah dari hatinya, fisiknya bagus bukan berarti yang terbaik dan kebahagiaan buat kita malah akan menjadi beban bahkan bisa membuat masalah bagi kita. Contohnya aku sendiri Aku sangat menyesal kenapa aku hanya lihat seseorang itu hanya dari luar bukan dari dalam. Aku sampai benci dengan diriku sendiri kenapa jadi begini aku sungguh-sungguh menyesal, tapi penyesalan emang selalu datang belakangan ya kaya apa yang aku alami sekarang ini, semua kini hanya tinggal cerita yang tak bisa dihapuskan lagi. Dan menjadi kenangan terindah yang takkan pernah kembali lagi & takkan terulang semua nya hanya tinggal cerita. Mungkin inilah yang namanya takdir tapi aku tak boleh begini terus karena perjalanan hidupku masih panjang walaupun aku sempat gagal dalam hal asmara tapi aku harus bangkit & ngga boleh selalu merasa bersalah. Walaupun rezie tak tergantikan mungkin ALLAH mengganti jauh lebih baik dari rezie. Apa pun ceritanya aku tetap sayang rezie selamanya sampai kapan pun karena dia takkan tergantikan meskipun ada yang lebih baik tapi dia yang terbaik bagiku, hatiku sakit & perih kalau ingat dia terus itu semua karena aku benar-benar sayang sama dia aku meninggalkan MEDAN karena aku ingin melupakan dia & berharap lupa dengan dia. Tapi semua percuma sama aja walaupun segudang aktivitas yang aku hadepin saat ini, itu juga masih belum bisa melupakan dia, bayangan dia selalu menghantui bahkan terkadang aku keder melihat orang yang mirip banget ama rezie & terkadang aku mau panggil aku tersadar sekarang aku berada dimana. Hanya foto rezilah yang bisa mengobati rasa rinduku padanya sungguh malang sekali nasibku bahkan terkadang aku kasian sama diri aku ini. Dan kalau boleh jujur aku ngga kuat dengan semua ini, aku ingin sekali waktu berputar sekali saja aku pasti takkan melakukan kesalahan yang sama. Trus harus gimana lagi prasaan CINTA sungguh kejam. Tapi inilah hidup……………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Yah mungkin inilah sedikit kisah yang dapat aku curahkan, mungkin aku akan menulis cerita & kisah ini di season selanjutnya.

JAKARTA , 06 Oktober 2011
BY : RATIH PURNAMA SARI
UNIVERSITAS GUNADARMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar