Kamis, 24 Maret 2011

ZONA EKONOMI ISLAM

Filed under Fiqih by Choir on 10 October 2010 at 00:17

Seri terakhir kajian Fiqh Muammalah mengenai MLM

Samsarah

Zona Ekonomi Islam–Samsarah berarti perantara antara penjual dengan pembeli untuk melangsungkan jual beli (Al Albani et al, 2009:409). Samsarah terdapat dua macam yaitu perantara sesama warga perkotaan, dimana hukumnya adalah boleh dan upah pelakunya halal. Yang keduanya adalah orang kota bertindak sebagai perantara orang desa dalam menjual barangnya, yang ini diharamkan.
Hadis riwayat Ibnu Abbas ra., ia berkata:
Rasulullah saw. melarang pencegatan kafilah barang dan penjualan orang kota kepada orang desa (badui). (Shahih Muslim No.2798)
Dalam sarahnya, Badri (2008:90) menyatakan bahwa rasulullah melarang perbuatan ini karena akan merugikan masyarakat banyak, sebab pedagang yang kota yang menghadang barang niaga orang-orang kampung, dikuatirkan pedagang tersebut akan menjual dengan harga sangat mahaldi pasar atau di kota. (more…)
Pencarian yang terkait :
calo dalam islam, hukum makelar dalam islam, samsarah dalam islam, samsarah, pengertian makelar dalam islam, calo menurut islam, analisis dua barang, samsarah (makelar ) dalam islam, samsarah ala samsarah, pengertian komisi transaksi
Fatwa Ekonomi Syari’ah Di Indonesia
Filed under Ekonomi Islam by Choir on 22 September 2010 at 01:03 no comments

Perkembangan ekonomi syari’ah di Indonesia demikian cepat, khususnya perbankan, asuransi dan pasar modal. Jika pada tahun 1990-an jumlah kantor layanan perbankan syariah masih belasan, maka tahun 2000an, jumlah kantor pelayanan lembaga keuangan syariah itu melebihi enam ratusan yang tersebar di seluruh Indonesia. Asset perbankan syari’ah ketika itu belum mencapai Rp 1 triliun, maka saat ini assetnya lebih dari Rp 22 triliun. Lembaga asuransi syariah pada tahun 1994 hanya dua buah yakni Asuransi Takaful Keluarga dan Takaful Umum, kini telah berjumlah 34 lembaga asuransi syariah (Data AASI 2006). (more…)
Pencarian yang terkait :
pengertian fatwa, ISLAM DI INDONESIA ZAMAN MODERN DAN KONTEMPORER, masalah ekonomi indonesia saat ini, karakteristik pasar modal dalam perspektif akuntansi, Pengertian Dewan Syariah Nasional, masalah perbankan di indonesia 2010, kekuatan mengikat fatwa DSN, fatwa MUI tentang perbankan syariah, kedudukan fiqh muamalah dalam ekonomi islam, permasalahan ekonomi syariah
SIKLUS CHAPRA: STRATEGI GERAKAN (EKONOMI) ISLAM MENCAPAI TUJUAN
Filed under Ekonomi Islam by Choir on 16 May 2010 at 01:06 no comments

Para ekonom konvensional mulai menyadari bahwa sistem ekonomi yang ada saat ini sedang berbalik mendekonstruksi dirinya sendiri, setelah sekian lama mencapai lompatan kemajuan yang luar biasa. Robert Heibroner mengatakan, Pakar ekonomi mulai menyadari bahwa mereka telah membangun suatu bangunan yang canggih di atas landasan sempit yang rapuh. Perekonomian modern telah gagal memastikan keadilan distributif, pertumbuhan berkesinambungan, pembangunan manusia yang seimbang, keharmonisan sosial dan keadilan kawasan untuk sebagian besar manusia dan dihadapi di dalam negeri maupun di luar negeri dengan acaman resesi berkepanjangan, pengangguran yang tidak bisa dihilangkan, stagflasi, ekspansi moneter yang tidak terkendali, hutang dalam negeri dan luar negeri yang menggunung, dan wujud bersamanya secara ekstrim kekayaan dan kemisikinan yang parah di masing-masing negara maupun di antara masyarakat.
(more…)
Pencarian yang terkait :
strategi pembangunan ekonomi islam, tujuan ekonomi gerakan, cara mencapai tujuan hidup muslim, Strategi mencapai tujuan hidup, siklus chapra, siklus perekonomian, pengertian gerakan ekonomi, strategi gerakan islam, pengertian gerakan siklus, pembangunan ekonomi islam melalui aspek pembangunan paradigma
Riba Menurut Al-Qur’an
Filed under Perbankan Syariah by Choir on 24 April 2010 at 07:26 no comments

Tulisan berikut tidak akan membahas kehalalan atau keharaman riba, karena keharamannya telah disepakati oleh setiap Muslim berdasarkan ayat-ayat Al-Quran serta ijma’ seluruh ulama Islam, apa pun mazhab atau alirannya. Yang dibahas adalah apa yang di maksud sesungguhnya oleh Al-Quran dengan riba yang diharamkannya itu? (more…)
Pencarian yang terkait :
makalah tentang riba, ayat-ayat Al-Quran tentang perbankan syariah, pengertian perdagangan menurut islam, riba makalah, definisi riba menurut tokoh, makalah tentang praktek riba, ayat al quran tentang bank syariah, MASALAH DALAM PENERAPAN AKUNTANSI SYARIAH, perbedaan mazhab tentang masalah riba, makalah riba perbankan
Dasar Hukum Mudharabah
Filed under Perbankan Syariah by Choir on 4 April 2010 at 03:02 no comments

Jumhur ulama’ sepakat bahwa penanaman modal (mudharabah) ini diperbolehkan. Dasar hukumnya adalah:
1) Al-qur’an
Artinya: “….dan dari orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah SWT….”
2) Al-hadits
Dari shalih bin shuhaib r.a. bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “tiga hal di dalamnya terdapat keberkatan: jual beli secara tangguh, muqaradah (mudharabah), dan mencampur gandum dengan tepung untuk keperluan rumah, bukan untuk dijual.”
3) Ijma’
Imam Zailai telah nmenyatakan bahwa para sahabat telah berkonsensus terhadap legitimasi pengolahan harta yatim secara mudharabah. Kesepakatan para sahabat ini sejalan dengan sepirit hadits yang dikutip Abu Ubaid.
(more…)
Pencarian yang terkait :
dasar hukum mudharabah, hukum mudharabah, hadits mudharabah, landasan hukum mudharabah, mudharabah, dasar hukum murabahah, dasar hukum mudarabah, dasar hukum riba, hadis mudharabah, dasar hukum bank konvensional
Ijma’ Ulama tentang keharaman Bunga Bank
Filed under Fiqih by Choir on 29 March 2010 at 19:13 no comments

Setelah menjelaskan dampak dan pengaruh bunga terhadap keterpurukan ekonomi Indonesia, perlu juga dipaparkan di sini ijma’ ulama tentang keharaman bunga bank. Hal ini dianggap penting karena masih ada intelektual muslim yang masih meragukan keharaman bunga bankdan masih ada ilmuwan muslim yang mengganggap persoalan bunga bank sebagai masalah khilafiyah secara tidak proporsional.
(more…)
Pencarian yang terkait :
pendapat ulama tentang bunga bank, Pendapat para ulama tentang bunga Bank, makalah ijma, pendapat ulama tentang riba bank, makalah tentang bunga bank, hukum riba menurut ulama, pendapat para ahli tentang bank, PANDANGAN ULAMA TENTANG RIBA, perdebatan tentang bunga bank, LATAR BELAKANG IJMA
Recent Posts

* IEF Trisakti Ajak Media Sosialisasikan Ekonomi Islam
* Tahun Ini, BNI Syariah Rencanakan Buka 10 Cabang
* Pengembangan Perbankan Syariah Tak Tergantung Pemerintah
* BI Harus Selektif Terhadap Kehadiran Bank Asing
* Flexcube, Solusi Oracle untuk Perbankan Syariah
* Bank Muamalat Suntik Modal ALIF
* Perbankan Syariah Indonesia Prospektif
* Pemerintah dan BI Koordinasikan Inflasi
* BPRS Diarahkan Sebagai Community Bank
* Sri Lanka Bidik Kebutuhan Muslim Akan Produk Halal

Terbanyak Dilihat

* sistem ekonomi campuran
* sistem ekonomi sosialis
* sistem ekonomi kapitalis
* EKONOMI ISLAM
* pengertian produksi

Terakhir Dilihat

* arti ijma
* negara yang menerapkan bank Syariah
* prinsip dasar ekonomi islam
* perencanaan faktor produksi
* ayat-ayat hukum yang berhubungan dengan soal keuangan

Follow @Zona Ekonomi Islam
TopOfBlogs
Copyright © Ekonomi Islam | Entries (RSS) and Comments (RSS) Theme by Anxiety Disorder
2010-2011 Created by Muhammad Ibawa [Back to top ↑ ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar