Sabtu, 16 April 2011

FUNGSI VITAMIN D

Penelitian bertahun-tahun menemukan bahwa vitamin D dapat menjaga meningkatkan kesehatan selain menguatkan tulang-tulang. Tetapi seberapa cukup dan seberapa banyak?
Vitamin D membantu tulang dan otot tumbuh menjadi kuat dan sehat. Kekurangan vitamin D dapat memicu beberapa masalah seperti kaki o dan osteoporosis. Penelitian bertahun-tahun mengungkapkan bahwa kekuranagn vitamin D meningkatkan resiko serangan jantung pada pria dan kematian untuk beberapa tipe kanker. Beberapa studi memperlihatkan bahwa kebanyakan orang yang menderita penyakit rheumatic kekurangan vitamin D.

Car termudah untuk mendapatkan vitamin D dari cahay matahari. Sinar UV bereaksi dengan sel kulit untuk memproduksi vitamin. Tetapi beberapa orang khawatir terkena kanker kulit dan kerusakan kulit akibat semgatann mtahari.
Tidak banyak makanan mengandung vitamin D. Makanan dengan vitamin D tinggi seperti minyak ikan, minyak hati ikan. Peneliti dari Boston University melaporakan pada tahun 2007 bahwa ikan salmon hasil budidaya memiliki vitamin D yang lebih rendah ikan salmon liar.

Vitamin D juga ditemukan pada hati sapi dengan jumlah yang sedikit, keju dan kuning telur. Dan beberapa orang Amerika memilih mengambil suplement diet yang mengandung vitamin. Tetapi kebanyakan vitamin D pada suplement diet Amerika didapatkan dari beberapa makanan seperti susu dengan vitamin yang telah ditambahkan.

Dewasa ini, beberap dokter menguji tingkat vitamin D pada pasien merka. Tetapi penelitian berlanjut, beberapa pakar khawatir bahwa jika kita terlalu banak mengkonsumsi vitamin D terlalu banyak, ini mungkin akan bertingakh seperti racun. Dokter kulit juga memperingatkan kita untuk hati-hati dengan pancaran sinar matahari.

Berapa banyak vitamin D dibutuhkan oleh tubuh? Ahli nutrisi menyarankan Jumalah harian yang diperlukan kita adalah 200 satuan intenasional (I.U.) dari lahir sampai umur 50 tahun. Dan meningkat menjadi 400 I.U. pada umur 70 tahun, dan 600 I.U. untuk umur 71 tahun dan yang lebih tua. Tetapi beberapa kelompok jumlah- jumlah tersebut kurang mencukupi.

Berap banyakah Vitamin D yang sudah kita konsumsi perhari baik yang berasal dari makanan maupaun dari paparan sinar matahari ??
bookmark to :
Aggiungi 'KEBUTUHAN VITAMIN D PERHARI' a Google BookmarksAggiungi 'KEBUTUHAN VITAMIN D PERHARI' a FaceBook
Aggiungi 'KEBUTUHAN VITAMIN D PERHARI' a Twitter

categories science | tags Add new tag, fungsi vitamin D, iikan salmon vitamin D, ilmiah, kebtuhan vitamin D sehari-hari, kebutuhan vitamin d, kekurangan vitamin D osteoporosis, makanan vitamin D, sinar UV kanker kulit, vitamin D hati sapi, vitamin D sinar UV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar