Sabtu, 16 April 2011

MASJID TERBESAR DI JAWA TIMUR

Masjid Besar An-Nuur. Kota Batu, Malang. Jawa Timur
Lokasi: Alun-alun kota Batu. Malang, Jawa Timur.
Senja hari sebelum Maghrib saya sampai di depan Masjid An-Nuur ini. Letaknya tepat di tengah kota Batu dengan alun-alun di seberang jalannya.
Sore hari itu alun-alun sangat ramai dengan keluarga beserta anak-anaknya bermain menikmati keramaian, ada yang berlari-lari kecil dan tempat yang paling ramai adalah gerombolan orang-orang yang sedang menikmati tontonan 'topeng monyet' di tengah alun-alun. Saya berjalan di sekitar mereka menikmati suasana keramaian anak-anak yang polos dengan diselimuti udara sejuknya kota Batu yang terkenal membuat perasaan penat tak terasa.
Masjid An-Nuur sendiri sangat indah, kubah utamanya dibalut dengan warna biru dan kuning keemasan sehingga dari kejauhan pun sudah tampak kemegahannya. Di samping dalam tampak berdiri sebuah beduk yang cukup besar yang mungkin masih dipakai sebagai tradisi sebelum dikumandangkan adzan sebagaimana banyak masjid-masjid di Jawa pada umumnya. Di luar halaman banyak orang berjualan karena maklum sore itu banyak orang duduk-duduk di masjid dan taman menunggu sholat Maghrib tiba, pada waktu itu saya lihat ada mobil roti Holland Bakery dan martabak Raja sedang menunggu pembeli. Saya merasa senang karena bisa menikmati keramaian dan kesejukan di dalam serta sekitar Masjid An-Nuur ini.




Masjid Besar An Nuur, Kota Batu, Malang

Masjid Besar An Nuur, Kota Batu, Malang

Masjid Besar An Nuur, Kota Batu, Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar