Sabtu, 09 April 2011

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Universitas Negeri Jakarta
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Negeri Jakarta
Logo-unj.png
Didirikan 16 Mei 1964
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor BEDJO SUJANTO, Dr
Lokasi Jakarta
Situs web http://www.unj.ac.id
l • b • s

Universitas Negeri Jakarta adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Jakarta,Indonesia. Berdiri pada tahun 1964,
Daftar isi
[sembunyikan]

* 1 Sejarah
* 2 Rektorat
o 2.1 Masa Universitas Indonesia
o 2.2 Daftar Rektor Masa IKIP Jakarta
o 2.3 Masa Universitas Negeri Jakarta
* 3 Bidang Pendidikan
o 3.1 Bidang Kependidikan
o 3.2 Bidang Non-Kependidikan
* 4 Jenis Pendidikan
o 4.1 Pendidikan Akademik
+ 4.1.1 Program Sarjana (S1)
+ 4.1.2 Program Magister Pendidikan (S2)
+ 4.1.3 Program Doktor Pendidikan (S3)
o 4.2 Program Profesional
+ 4.2.1 Program Diploma
+ 4.2.2 Program Akta Mengajar
* 5 Jurusan Di Universitas Negeri Jakarta
o 5.1 Fakultas Ilmu Pendidikan
o 5.2 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
o 5.3 Fakultas Teknik
o 5.4 Fakultas Ilmu Sosial
o 5.5 Fakultas Bahasa dan Seni
o 5.6 Fakultas Ilmu Keolahragaan
o 5.7 Fakultas Ekonomi
o 5.8 Program Pascasarjana
* 6 Jalur Program
o 6.1 Jalur Skripsi
o 6.2 Jalur Karya Inovatif
o 6.3 Jalur Pemahaman Komprehensif
* 7 Kegiatan Kemahasiswaan
o 7.1 Organisasi Pemerintahan Mahasiswa
o 7.2 Unit Kegiatan Mahasiswa
* 8 Lihat pula
* 9 Pranala luar

[sunting] Sejarah

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan. Untuk meng­atasi masalah ini pemerintah mendirikan berbagai kursus pendidikan guru. Sekitar tahun 1950-an, pada jenjang di atas pendidikan menengah didirikan B-I, B-II, dan PGSLP yang bertugas menyiapkan guru-guru untuk sekolah lanjutan. Usaha-usaha untuk meningkatkan mutu dan jumlah guru terus dilakukan melalui pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri P dan K No. 382/Kab. tahun 1954. PTPG ini didirikan di empat kota yakni Batusangkar, Ma­nado, Bandung, dan Malang. Dengan demikian terdapat dua macam lembaga pendidik­an yang menghasilkan tenaga guru, yaitu Kursus B-I/B-II/PGSLP dan PTPG. Kedua lembaga ini kemudian diintegrasi­kan menjadi satu lembaga pendidikan melalui berbagai tahap. Pada tahun 1957, PTPG diintegrasikan ke dalam Fakultas Ke­guruan dan Ilmu Pendidikan pada universitas terdekat. Berdasarkan PP No. 51 tahun 1958 Fakultas Paedagogik diintegrasikan ke dalam FKIP.

Pada tahun 1963, oleh Kementerian Pendidikan Dasar didirikan Institut Pendidikan Guru (IPG) untuk menghasilkan guru sekolah menengah; sementara berdasarkan Keputusan Menteri P dan K No. 6 dan 7, tanggal 8 Februari 1961 Kursus B-I dan B-II diintegrasikan ke dalam FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi yang juga menghasilkan guru sekolah menengah. Dualisme ini dirasakan kurang efektif dan mengganggu manajemen pendidikan guru. Untuk mengatasi ini maka kursus B-I dan B-II di Jakarta diintegrasikan ke dalam FKIP Universitas Indonesia.

Melalui Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, ditetapkan integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru salah satu butir pernyataan Kepres. tersebut adalah bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta. FKIP dan IPG diubah menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Proses pengintegrasian FKIP-Universitas Indonesia dan IPG Jakarta, melahirkan IKIP Jakarta. Dalam perkembangan selanjutnya IKIP Jakarta setelah berusia lebih kurang 36 tahun, sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, dan peresmiannya dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara.

Hari jadi Universitas Negeri Jakarta ditetapkan sama dengan hari jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang merupakan cikal bakal Universitas Negeri Jakarta yaitu pada tanggal 16 Mei 1964.
[sunting] Rektorat
[sunting] Masa Universitas Indonesia

1. Prof.R. Sugarda Poerbakawatja Dekan FKIP Universitas Indonesia 1961 - 1963
2. Prof. Dr. Slamet Imam Santoso Dekan FKIP Universitas Indonesia 1963 - 1964

[sunting] Daftar Rektor Masa IKIP Jakarta

1. Brigjen A. Latif Hendraningrat Rektor IKIP Jakarta 1964 - 1965
2. Dra. Maftuchah Yusuf Ketua Presidium IKIP Jakarta 1966 - 1967
3. Dr. Deliar Noer Rektor IKIP Jakarta 1.) 1967-1971 2.) 1971-1975 (2 Periode)
4. Dr. Siswojo Hardjodipuro Pjs. Rektor IKIP Jakarta 1975
5. Prof. Dr. Winarno Surachmad, M.Sc.,M.Ed Rektor IKIP Jakarta 1975-1980
6. Prof. Dr. R. Soedjiran Reksosoe-darmo, M.A Rektor IKIP Jakarta 1980 - 1984
7. Prof. Dr. Conny R. Semiawan Rektor IKIP Jakarta 1) 1984-1988 2) 1988-1992
8. Dr. A. Suhaenah Suparno Rektor IKIP Jakarta 1992 - 1996
9. Dr. Sutjipto Rektor IKIP Jakarta 1997 - 1999

[sunting] Masa Universitas Negeri Jakarta

1. Prof. Dr. Sutjipto Rektor Universitas Negeri Jakarta 1) 1999 - 2001 2) 2001-2005
2. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd. Rektor Universitas Negeri Jakarta 1) 2005 - 2009 2) 2009 - ...

[sunting] Bidang Pendidikan

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan 2 (dua) bidang pendidikan, yaitu Bidang Kependidikan dan Bidang Non-Kependidikan.
[sunting] Bidang Kependidikan

Bidang Kependidikan diselenggarakan di semua program studi yang ada di UNJ sebagai kelanjutan pembinaan dari bidang sebelumnya (IKIP Jakarta). Sesuai dengan visi dan misi UNJ, program Bidang Kependidikan ini akan tetap dikembangkan secara optimal.
[sunting] Bidang Non-Kependidikan

Setelah IKIP Jakarta diperluas mandatnya menjadi Universitas, UNJ menyelenggarakan Program Bidang Non-Kependidikan dengan jenis program D-III dan jenjang program S1. Program Non-Kependidikan yang sudah ada akan terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya, sedangkan program studi lainnya akan dibuka secara bertahap.
[sunting] Jenis Pendidikan

UNJ menyelenggarakan 2 (dua) jenis pendidikan, yaitu Pendidikan Akademik, Pendidikan Profesional.
[sunting] Pendidikan Akademik

Program Pendidikan Akademik terdiri dari 3 jenjang yaitu Program Sarjana (S1), Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3).
[sunting] Program Sarjana (S1)

Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan 2 (dua) jenis Program Sarjana, yaitu Program Sarjana Kependidikan dan Program Sarjana Non-Kependidikan.

* Program Sarjana Kependidikan. Beban studi program ini sekurang-kurangnya 144 SKS dan sebanyak-banyaknya 160 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester. Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program ini diberi gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
* Program Sarjana Non-Kependidikan. Beban studi program ini sekurang-kurangnya 144 SKS dan sebanyak-banyaknya 160 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester. Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program ini diberi gelar Sarjana Sains (S.Si) untuk lulusan dari FMIPA, Sarjana Olah Raga (S.Or) untuk lulusan dari FIK, Sarjana Sastra (S.S.) atau Sarjana Seni (S.Sen) untuk lulusan dari FBS.

[sunting] Program Magister Pendidikan (S2)

Beban studi program ini sekurang-kurangnya 36 (tiga puluh enam) SKS dan sebanyak-banyaknya 50 (lima puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah Program Sarjana (S1) atau yang sederajat. Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program ini diberi gelar Magister Pendidikan (M.Pd.).
[sunting] Program Doktor Pendidikan (S3)

Beban Studi, Lama Studi dan Gelar program ini adalah :

* Beban studi program doktor bagi peserta yang berpendidikan Sarjana (S1) sebidang sekurang-kurangnya 76 (tujuh puluh enam) SKS yang dijadwalkan untuk sekurang-kurangnya 8 (delapan) semester dengan lama studi selama-lamanya 12 (dua belas) semester.
* Beban studi program doktor bagi peserta yang berpendidikan Sarjana (S1) tidak sebidang sekurang-kurangnya 88 (delapan puluh delapan) SKS yang dijadwalkan untuk 9 (sembilan) semester dengan lama studi selama-lamanya 13 (tiga belas) semester.
* Beban studi program doktor bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) sebidang sekurang-kurangnya 40 (empat puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dengan lama studi selama-lamanya 10 (sepuluh) semester.
* Beban studi program doktor bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) tidak sebidang sekurang-kurangnya 52 (lima puluh dua) SKS yang dijadwalkan untuk 5 (lima) semester dengan lama studi selama-lamanya 11 (sebelas) semester.

[sunting] Program Profesional

UNJ memiliki dua jenis program Profesional yaitu Program Diploma dan Program Akta Mengajar.
[sunting] Program Diploma

UNJ menyelenggarakan Program Diploma-II (D-II), dan Program Diploma-III (D-III) baik Program Diploma Pendidikan maupun Non-Pendidikan.
[sunting] Program Akta Mengajar

Program Akta Mengajar atau Program Pembentukan Kemampuan Mengajar (PPKM) bertujuan untuk membekali kompetensi mengajar yang profesional. Kompetensi mengajar yang dimaksud adalah kemampuan penguasaan materi bidang studi dan memadukannya dengan metodologi pembelajaran yang tepat baik secara teoretik maupun praktik untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
[sunting] Jurusan Di Universitas Negeri Jakarta
[sunting] Fakultas Ilmu Pendidikan

1. Manajemen Pendidikan
2. Teknologi Pendidikan
3. Psikologi
4. Bimbingan Konseling
5. Pendidikan Luar Biasa
6. Pendidikan Luar Ssekolah
7. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
8. Pendidikan Anak Usia Dini

[sunting] Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1. Matematika
2. Fisika
3. Kimia
4. Biologi

[sunting] Fakultas Teknik

1. Teknik Elektro
2. Teknik Mesin
3. Teknik Sipil
4. Ilmu Kesejahteraan Keluarga

[sunting] Fakultas Ilmu Sosial

1. Ilmu Sosial Politik
2. Geografi
3. Sosiologi
4. Sejarah
5. Studi Islam
6. Pend. IPS
7. MKU

[sunting] Fakultas Bahasa dan Seni

1. Bahasa Jerman
2. Bahasa dan Sastra Indonesia
3. Bahasa dan Sastra Inggris
4. Bahasa Jepang
5. Bahasa Perancis
6. Bahasa Arab
7. Seni Rupa
8. Seni Tari
9. Seni Musik

[sunting] Fakultas Ilmu Keolahragaan

1. Sosiokinetika
2. Somatokinetika
3. Antropokinetika

[sunting] Fakultas Ekonomi

1. Akuntansi
2. Manajemen
3. Ekonomi dan Administrasi

[sunting] Program Pascasarjana

1. Program Magister (S2)

(1)Teknologi Pendidikan; (2)Pendidikan Olah Raga; (3)Pendidikan Bahasa; (4)Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup; (5)Manajemen Lingkungan, sebagai konsentrasi dari Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup; (6)Pendidikan Anak Usia Dini; (7)Manajemen Pendidikan; (8)Manajemen Pendidikan Tinggi, sebagai konsentrasi dari Manajemen Pendidikan; (9)Penelitian dan Evaluasi Pendidikan; (10)Manajemen Olah Raga, sebagai konsentrasi dari Pendidikan Olah Raga; (11)Pendidikan Dasar; (12)Pendidikan Sejarah, dan (13)Linguistik Terapan.

2. Program Doktoral (S3)

(1)Teknologi Pendidikan; (2)Teknologi Pendidikan, konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini; (3)Pendidikan Olah Raga; (4)Pendidikan Bahasa; (5)Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup; (6)Manajemen Pendidikan; (7)Penelitian dan Evaluasi Pendidikan; (8)Manajemen Lingkungan, sebagai konsentrasi dari Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. (9)Manajemen Sumber Daya Manusia, sebagai konsentrasi dari Manajemen Pendidikan;

[sunting] Jalur Program

Dalam penyelesaian studinya mahasiswa dapat memilih jalur skripsi, jalur karya inovatif atau jalur pemahaman komprehensif. Penetapan jalur penyelesaian studi dilakukan setelah mahasiswa memperoleh minimal 100 SKS dengan komposisi mata kuliah yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Jurusan/Program Studi masing-masing . Beban kredit semester untuk ketiga jalur adalah minimal 144 SKS.
[sunting] Jalur Skripsi

Jalur skripsi diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 2,50.
[sunting] Jalur Karya Inovatif

Jalur karya inovatif diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki IPK 2,50. Rambu-rambu penyelesaian studi jalur karya inovatif disesuaikan dengan kaidah keilmuan masing-masing jurusan/program studi.
[sunting] Jalur Pemahaman Komprehensif

Jalur pemahaman komprehensif diperuntukkan bagi mahasiswa yang memilih jalur ini.
[sunting] Kegiatan Kemahasiswaan

Kegiatan Kemahasiswaan atau Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di Universitas Negeri Jakarta terbagi atas dua bagian, Organisasi Pemerintahan Mahasiswa (OPMAWA) yang membina mahasiswa belajar kenegaraan dalam lingkup universitas dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bertujuan mengembangkan Penalaran, Bakat Minat, dan Kesejahteraan guna menunjang tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
[sunting] Organisasi Pemerintahan Mahasiswa

Organisasi Pemerintahan Mahasiswa (OPMAWA) terdiri atas:

* Majelis Tinggi Mahasiswa UNJ (MTM UNJ)

merupakan lembaga legislatif mahasiswa tingkat universitas.

* Badan Eksekutif Mahasiswa UNJ (BEM UNJ)

merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tingkat universitas.

* Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)

merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tingkat fakultas yang terdapat di setiap fakultas.

* Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF)

merupakan lembaga legislatif mahasiswa tingkat fakultas yang terdapat di setiap fakultas.

* Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan (BEMJ) / Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMA / HMJ)

merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tingkat jurusan yang terdapat di setiap jurusan. Penamaannya disesuaikan dengan kultur yang terdapat disetiap jurusan.

* Lembaga Legislatif Mahasiswa Jurusan (LLMJ)

merupakan lembaga legislatif mahasiswa tingkat jurusan yang terdapat di setiap jurusan yang memiliki lembaga eksekutif berbentuk BEMJ. Penamaannya disesuaikan dengan kultur yang terdapat disetiap jurusan.

[sunting] Unit Kegiatan Mahasiswa

Berikut organisasi Unit Kegiatan Kemahasiswaan di Universitas Negeri Jakarta:

* UKM (Unit Kesenian Mahasiswa)

memfasilitasi mahasiswa meningkatkan apresiasi seni dan mengembangkan bakat dan keseniannya.

* LKM (Lembaga Kajian Mahasiswa)

wadah yang bertujuan mengembangkan wawasan ilmiah dan penalaran mahasiswa yang kritis dan dinamis.

* UKO (Unit Olahraga Mahasiswa)

Membina dan mengembangkan potensi mahasiswa UNJ dalam berorganisasi dan berolahraga.

* Pramuka “Racana”

organisasi di bidang kepramukaan tingkat univeristas dengan jenjang pandega

* Pecinta Alam “ Eka Citra”

organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan UNJ yang bergerak dalam bidang kepecintaalaman

* KSR-PMI(Korps sukarela - Palang Merah Indonesia)

organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang kemanusiaan, sosial, dan kesehatan di bawah naungan PMI

* KMPF (Kelompok Mahasiswa Pecinta Fotografi)

wadah kemahasiswaan di UNJ yang bergerak di bidang fotografi.

* KSPA-TKK (Kelompok Sosial Pecinta Anak Taman Kanak-kanak Keliling)

organisasi di bidang sosial, yang menyelenggarakan TK keliling untuk anak-anak pra sejahtera, dan KSPA adalah tempat berkumpul mahasiswa yang memiliki kecintaan dengan dunia pendidikan anak.

* Resimen Mahasiswa (Menwa)

Mewujudkan semangat Patriotisme dan Nasionalisme dalam rangka Bela Negara Republik Indonesia

* Komunitas Audio Visual Sigma-TV

Komunitas Audio Visual dan Sinematografi merupakan wadah bagi mahasiswa UNJ mengembangkan bakat dalam dunia broadcast.

* Didaktika

wadah kemahasiswaan mengembangkan bakat kritis dalam dunia jurnalistik dan membangun pemikiran kritis.

* Koperasi Mahasiswa (Kopma)

membangun kreatifitas mahasiswa mengembangkan bakat bisnis, dan befungsi sebagai koperasi pada umumnya.

* Keluarga mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Supersemar (KMA PBS) UNJ

merupakan organisasi yang berdiri di UNJ yang bernaung di bawah Yayasan Supersemar yang bergerak menaungi penerima beasiswa supersemar di UNJ.

* Kelompok Peneliti Muda (KPM)

merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran.

* Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Negeri Jakarta,

merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang membidangi kerohanian Islam di lingkungan Universitas Negeri Jakarta.

* Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK),

merupakan wadah kerohanian mahasiswa UNJ yang beragama kristen.

* Kelompok Mahasiswa Hindu Budha (KMHB)

merupakan wadah kerohanian bagi mahasiswa yang beragama Hindu dan Budha.

[sunting] Lihat pula

* Labschool
* SMA Labschool Jakarta
* SMA Labschool Kebayoran


[sunting] Pranala luar

* Universitas Negeri Jakarta
* Labschool
* SMA Labschool Jakarta
* SMP Labschool Jakarta
* PG/TK Labschool Jakarta
* SMA Labschool Kebayoran
* SMP Labschool Kebayoran


[sembunyikan]
l • b • s
Perguruan tinggi negeri di Indonesia
Universitas
Airlangga · Andalas · Bangka Belitung · Bengkulu · Brawijaya · Cendrawasih · Diponegoro · Gadjah Mada · Haluoleo · Hasanuddin · Indonesia · Jambi · Jember · Jenderal Soedirman · Khairun · Lambung Mangkurat · Lampung · Malikussaleh · Mataram · Mulawarman · Negeri Gorontalo · Negeri Jakarta · Negeri Makassar · Negeri Malang · Negeri Manado · Negeri Medan · Negeri Padang · Negeri Papua · Negeri Semarang · Negeri Surabaya · Negeri Yogyakarta · Nusa Cendana · Padjadjaran · Palangka Raya · Pattimura · Pendidikan Ganesha · Pendidikan Indonesia · Riau · Sam Ratulangi · Sebelas Maret · Sriwijaya · Sultan Ageng Tirtayasa · Sumatera Utara · Syiah Kuala · Tadulako · Tanjungpura · Terbuka · Trunojoyo · Udayana
Politeknik
Elektronika Surabaya · Manufaktur Bandung · Ambon · Bali · Bandung · Banjarmasin · Jakarta · Jember · Kupang · Lampung · Lhokseumawe · Madiun · Makassar · Malang · Manado · Medan · Padang · Pontianak · Samarinda · Semarang · Sriwijaya · Perikanan Tual · Perkapalan Surabaya · Pertanian Kupang · Pertanian Pangkajene Kepulauan · Pertanian Payakumbuh · Pertanian Samarinda
Sekolah tinggi
STSI Bandung · STSI Padang Panjang · STP Jakarta
Institut
IPB Bogor · ISI Yogyakarta · ISI Denpasar · ISI Surakarta · ITB Bandung · ITS Surabaya
Lihat pula: Perguruan tinggi Islam negeri · Perguruan tinggi swasta · Perguruan tinggi Islam swasta · Perguruan tinggi kedinasan
Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Jakarta"
Kategori: Perguruan tinggi di Jakarta | Perguruan tinggi negeri di Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar