Sabtu, 09 April 2011

TELKOMSEL

Telkomsel
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PT Telekomunikasi Selular Telkomsel Logo.png
Jenis Non-publik
Industri Operator telekomunikasi seluler
Didirikan 26 Mei 1995
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Tokoh penting Sarwoto Atmosutarno
(Presiden Direktur)
Produk kartuHALO, simPATI, Kartu AS, Telkomsel Flash
Induk Telkom Indonesia
Situs web telkomsel.com

Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler GSM pertama di Indonesia dengan layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Saat itu, saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar 65% dan sisanya oleh Indosat. Pada tanggal 1 November 1997, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar.

Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 81,644 juta pelanggan per 31 Desember 2007 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007.[rujukan?] Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007.

Telkomsel memiliki tiga produk GSM, yaitu SimPATI (prabayar), Kartu AS (prabayar), dan kartuHALO (pascabayar). Selain itu, Telkomsel juga memiliki layanan internet nirkabel lewat jaringan telepon seluler, yaitu Telkomsel Flash.

Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1.800 MHz.
Daftar isi
[sembunyikan]

* 1 3G/3.5G (64 Kbps)
* 2 HSPA+
* 3 Struktur dan kepemilikan
* 4 GraPARI
* 5 Lihat pula
* 6 Pranala luar

[sunting] 3G/3.5G (64 Kbps)

Telkomsel menyediakan layanan 3G yang memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi internet dan mengunduh video lewat layanan Telkomsel Flash.
[sunting] HSPA+

Mulai September 2009, Telkomsel menambah layanan HSPA+ (High-Speed Packet Access) dengan kecepatan akses hingga 21 Mbps yang rencananya akan diterapkan di 24 kota di Indonesia hingga akhir tahun 2010. Sayangnya, realisasinya belum berjalan maksimal sehingga sebagian besar penggunanya hanya mendapatkan akses kurang dari 64 Kbps.[rujukan?]
[sunting] Struktur dan kepemilikan

Saat ini, saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar 65% dan sisanya oleh perusahaan telekomunikasi Singapura, SingTel. Telkom Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia, sementara SingTel adalah perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Singapura.

Per 1 Januari 2008, jabatan presiden direkturnya dijabat oleh Sarwoto Atmosutarno menggantikan Kiskenda Suriadihardja yang sebelumnya telah menjabat sejak 1 Januari 2005.
[sunting] GraPARI

GraPARI adalah akronim dari Graha Pari Sraya yang dijadikan nama pusat layanan pelanggan Telkomsel. Nama tersebut berasal dari bahasa Sanskerta yang diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai tanda penghargaan atas diresmikannya kantor pelayanan Telkomsel di Yogyakarta. Sejak saat itu, seluruh pusat layanan pelanggan Telkomsel ditetapkan dengan nama GraPARI Telkomsel.

Selain bertindak sebagai pusat layanan pelanggan yang memfokuskan diri untuk melayani para pelanggannya, GraPARI juga menyediakan penjualan produk sendiri seperti kartuHALO dan simPATI.

GraPARI tidak menjual perangkat telepon seluler kecuali apabila ada kebijaksanaan tertentu untuk menjual dalam bentuk paket produk Telkomsel yang tidak selalu dilakukan. Bila ada pelanggan yang ingin membeli perangkat telepon selular terpisah dari produk Telkomsel, maka GraPARI akan menyarankan untuk mendapatkannya di diler resmi, toko eksklusif, maupun ritel yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.
[sunting] Lihat pula

* Daftar produk telekomunikasi seluler Indonesia

[sunting] Pranala luar

* (Indonesia) Situs resmi
* (Indonesia) Informasi mengenai GraPARI


l • b • s
Operator dan layanan telekomunikasi seluler Indonesia
CDMA
Bakrie Telecom

Esia
Indosat

StarOne
Mobile-8

Fren · Hepi
Sampoerna

Ceria
Smart Telecom

Smart
Telkom

TelkomFlexi
GSM
Hutchison

3
Indosat

IM3 · Mentari · Matrix
Natrindo

AXIS
PSN

ByRU · PASTI
Telkomsel

simPATI · kartuAs · kartuHALO
XL Axiata

XL Prabayar · XL Pascabayar
Lihat pula: Indosat-M3 dan Satelindo (keduanya telah digabungkan dengan Indosat)
Factory.svg Artikel bertopik perusahaan ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
Telecom-icon.svg Artikel bertopik telekomunikasi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Telkomsel"
Kategori: Perusahaan Indonesia | Perusahaan Singapura | Operator telekomunikasi seluler Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar